Minggu, 03 Januari 2016

laporan kegiatan MGMP




LAPORAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI

( MGMP)


DIAJUKAN UNTUK MEMPEROLEH ANGKA KREDIT

JABATAN FUNGSIONAL GURU








OLEH

SIH PRIYONO, S.Pd

NIP. 197109192006041010





SMP NEGERI 1 TIUMANG

DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA

DHARMASRAYA

2 0 1 4



LEMBAR IDENTITAS GURU




NAMA SEKOLAH                        :        SMPN 1 TIUMANG

NAMA GURU                                :        SIH PRIYONO,S.PD

NIP                                                   :        1971091929006041010

NUPTK                                            :        7251749653200003

JABATAN/GOLONGAN              :        Penata Muda Tk 1/III B

MENGAJAR                                   :        PKN

ALAMAT                                     :            JORONG  LAGAN JAYA,

 KEC TIUMANG, KAB

  DHARMASRAYA


:              





















LEMBAR PENGESAHAN



LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI




DITULIS     OLEH

SIH PRIYONO,S.Pd

NIP: 197109192006041010






                                                                         


Lagan Jaya, 11 Desember  2015

                                                                                                   
      Kepala SMPN 1 Tiumang                 Koordinator PKB




      Drs.DAHLI ZAINI                             Drs. DAHLI ZAINI   
 NIP.196104141997021001                NIP.196101141997011001                                                    







KATA PENGANTAR
               Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karunia-Nya jualah penulis  dapat menyelesaikan laporan pengembangan diri ini.
Dengan selesainya laporan  ini,penulis mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada :
1.     Bapak Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Tiumang
2.     Majelis Guru SMP Negeri 1 Tiumang
3.     Keluarga tercinta yang telah ikut memberikan dukungan moril,
4.     Bpk/Ibuk Guru peserta MGMP PKN Dharmasraya,
Atas segala bantuan,arahan yang telah diberikan oleh semua pihak, semoga Allah SWT memberikan balasan yang setimpal.
  Penulis menyadari bahwa laporan  ini masih jauh dari kesempurnaan, baik dari segi isi maupun teknik penulisan,oleh karena itu saran dan kritik dari pembaca sangat diharapkan demi kesempurnaan laporan  ini.        Semoga laporan ini bermanfaat bagi kita semua.

                                                Sungai Rumbai,      Desember 2015

                                                                     Penulis



DAFTAR ISI

                                                                                        HALAMAN
LEMBAR IDENTITAS GURU  .............................................................................i                  

LEMBAR PENGESAHAN  ......................................................................................ii

KATA PENGANTAR ...............................................................................................iii

DAFTAR ISI..............................................................................................................iv

BAB  I  PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang...................................................................................................1
B.     Tujuan.................................................................................................................2
C.     Manfaat...............................................................................................................2

BAB II  LAPORAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
A.    Pengembangan Diri ...........................................................................................3
1.      Waktu kegiatan MGMP................................................................................3
2.      Jenis kegiatan................................................................................................3
3.      Tujuan kegiatan.............................................................................................4
4.      Uraian kegiatan.............................................................................................4
5.      Tindak Lanjut ...............................................................................................4
6.      Dampak kegiatan............................................................................... ..........4
B.     Fotocopy surat izin  dari atasan
C.     Fotocopy daftar hadir
D.    Fotocopy sertifikat
E.     Rekap kegiatan

BAB III  PENUTUP   
A.    Kesimpulan...................................................................................................5
B.      Saran.............................................................................................................5
                                                                                   BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang

Guru sebagai tenaga profesional mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting dalam mencapai visi  pendidikan yaitu menciptakan insan Indonesia cerdas dan kompetitif.   Oleh karena itu, profesi guru harus dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Konsekuensi dari jabatan guru sebagai profesi, tidak cukup bila guru hanya melakukan tugasnya mengajar, membimbing dan mendidik para siswanya, melainkan harus selalu mengembangkan profesinya tersebut. Pengembangan terhadap profesi guru tersebut hendaklah dilaksanakan secaraterprogram dan berkelanjutan, melalui kegiatan Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) yang memang merupakan salah satu kegiatan yang dirancang untuk  mewujudkan terbentuknya guru yang profesional.  Salah satu jenis kegiatan PKB adalah Pengembangan Diri.
Kegiatan Pengembangan Diri tersebut dapat dilakukan melalui dua jenis kegiatan, yaitu: (1) Mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) fungsional dan/atau (2) Mengikuti kegiatan kolektif guru. Menyadari akan berbagai kekurangan yang ada pada diri penulis, maka untuk meningkatkan profesionalisme yang penulis rasakan masih kurang, selama kurun waktu Januari 2009 sampai dengan Juni 2015 ini penulis telah ditugaskan oleh Kepala Sekolah untuk mengikuti berbagai kegiatan pengembangan diri diantaranya Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), workshop dan seminar-seminar lainnya.
Sebagai tanggung jawab atas tugas yang telah diberikan kepala sekolah kepada penulis untuk mengikuti kegiatan pengembangan diri, dan sekedar untuk mengimbaskan hasil yang penulis peroleh selama mengikuti kegiatan pengembangan diri tersebut, maka penulis pandang perlu untuk menuliskan laporan kegiatan ini.

B.     Tujuan
Tujuan dari kegiatan pengembangan diri ini adalah untuk meningkatkan kompetensi penulis sebagai guru, baik kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian maupun kompetensi sosial yang penulis rasakan masih kurang.

C.     Manfaat
Manfaat yang diharapkan dari kegiatan pengembangan diri ini antara lain adalah sebagai berikut:
1.        Bagi Peserta Didik,  akan memperoleh jaminan pelayanan dan pengalaman belajar yang lebih efektif. 
2.        Bagi Guru, dapat memenuhi standar dan mengembangkan kompetensinya sehingga mampu melaksanakan tugas-tugas utamanya secara efektif  sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik untuk menghadapi kehidupan di masa datang. 
3.        Bagi Sekolah/Madrasah, akan mampu memberikan layanan pendidikan yang berkualitaskepada peserta didik. 
4.        Bagi Orang Tua/Masyarakat, akan memperoleh jaminan bahwa anak mereka mendapatkan layanan pendidikan yang berkualitas dan pengalaman belajar yang efektif. 
5.        Bagi Pemerintah, akan memberikan jaminan kepada masyarakat tentang layanan pendidikan yang berkualitas dan profesional.



























BAB II

LAPORAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI


A.    Pengembangan diri (MGMP)

1.      Waktu pelaksanaan kegiatan              
Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 28 Agustus 2014   sampai 10 Desember   2014 yang bertempat di SMP N Unggul Dharmasraya

2.      Jenis kegiatan
Kegiatan pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta peserta Musyawarah Guru mata pelajaran (MGMP) jurusan PPKn

3.      Tujuan kegiatan                      
Tujuan kegiatan pengembangan diri ini adalah untuk:
a.       Meningkatkan kemampuan diri dalam pelaksanaan pembelajaran  disekolah
b.      Berbagi informasi tentang materi dan program pembelajaran di sekolah
c.       sebagai wadah bagi guru Bahasa Indonesia  untuk sharing dengan rekan sesama guru . Selain itu bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai PKB, penggunaan ICT dan penyusunan PTK

4.      Uraian Materi Kegiatan  MGMP

NO
MATERI
NARASUMBER
JP
1
Kebijakan Dinas Pendidikan (kurikulum 2013
Bertiza Handayani,pd.Mp.d
5
2
Paparan pengembangan karier guru yang meliputi: pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif
Yulinda Ningsih,S.Pd
5
3
Asistensi dan penyempurnaan draf ilmiah
Bertiza Handayani,pd.Mp.d
5
4
Validari dan perbaikan instrumen
Susi Puspita Sari,S.Pd
5
5
Pengumpulan, entri,pengolahan data
Yulinda Ningsih,S.Pd
5
6
Analisis dan interpretasi
Bertiza Handayani,pd.Mp.d
5
7
Penyususnan draf laporan
Mawarni,S.Pd
5
8
Penyususnan laporan, dan seminar
Bertiza Handayani,pd.Mp.d
5
9
Perbaikan serta finalisasi laporan
Yulinda Ningsih,S.Pd
5
10
Paparan penulisan artikel jurnal
Susi Puspita Sari,S.Pd
5
11
Analisis hasil penelitian
Yulinda Ningsih,S.Pd
5
12
Penulisan, rewiew, dan finalisasi laporan
Bertiza Handayani,pd.Mp.d
5
13
Paparan penulisan ilmiah, identifikasi dan perumusan masalah
Yulinda Ningsih,S.Pd
5
14
Reciew draf artikel ilmiah
Bertiza Handayani,pd.Mp.d
5
15
Paparan karya ilmiah
Bertiza Handayani,pd.Mp.d
5
16
Penyusunanlaporan MGMP
Yulinda Ningsih,S.Pd
5


Total
80



5.      Tindak Lanjut
Tidak lanjut yang dilakukan setelah mengikuti kegiatan inadalah sebagai berikut
a.       Penulis akan menjalankan apa yang sudah didapatkan dalam kegiatan MGMP
a.        Penulis akan mengimplementasikan hasil kegiatan  ini dalam pembelajaran di kelas yang penulis ampu.
b.      Penulis akan melakukan diseminasi kepada teman-teman guru di sekolah penulis, dengan jadwal yang akan dibicarakan dengan kepala sekolah.
c.       Penulis akan mengimplementasikan hasil MGMP ini dalam pembelajaran di kelas yang penulis ampu.

6.      Dampak Setelah Mengikuti Bimbingan
Setelah penulis mencoba menerapkan hasil kegatan  ini dampaknya antara lain adalah sebagai berikut:
a.       Penulis lebih percaya diri dalam melaksanakan pembelajaran di kelas dikarenakan semakin mantapnya penguasaan kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian. 
b.      Proses pembelajaran di kelas yang penulis ampu, nampak semakin antusias, makin aktif dan makin bersemangat. 
c.       Hasil belajar siswa yang penulis ampu meningkat.













   BAB III

PENUTUP


A.    Kesimpulan

Penyelenggaraan kegiatan pengembangan diri inyaitu MGMP bagi penulis khususnyasangat besar manfaatnya karena sebagai sarana untuk mendapatkan informasi serta pengalaman yang baru. dan bagi para guru pada umumnya sangat membantu para guru dalam meningkatkan kompetensinya maupun dalam melaksanakan tugas pokok serta profesionalismenya.

B.     Saran

Penulis berharap agar kiranya kegiatan-kegiatan pengembangan diri dijadikan tempat untuk saling bertukar informasi yang berkaitan dengan proses belajar mengajar di sekolah, maka kegiatan ini  ini harus diikuti  oleh semua guru, bukan hanya guru yang ingin naik pangkat  saja agar para guru dapat meningkatkan kompetensinya maupun profesionalismenya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar