ARTIKEL
PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN
Pendidikan formal yang dilakukan di sekolah-sekolah sampai sekarang tetap merupakan lembaga pendidikan utama yang merupakan pusat pengembangan sumber daya manusia dengan didukung oleh pendidikan dalam keluarga dan masyarakat.
Dalam
hal ini pendidikan di sekolah merupakan alternatif yang paling utama untuk
menciptakan manusia yang ber -IMTAk serta IMTEK. Pendidikan yang menjadi
harapan kemajuan bangsa ini tak luput dari berbagai kendala serta permasalahan yang berkaitan dengan proses belajar
mengajar.
Dengan
berjalannya waktu terbukalah suatu jalan
yaitu dengan media yang mudah di cari serta murah harganya yaitu Koran atau surat kabar. Pembelajaran yang
kreatif serta menyenangkan bagi siswa
tidak akan datang sendiri tanpa melakukan usaha. Terkait dengan
peran guru dalam membentuk kreatif
siswa, Robert J Sternberg mengatakan “The mostpowerful way to develop
creativity in your studens is to be a role model.Childen the develop creativity
not when your showthem”Dalam melaksanakan pembelajaran guru harus dapat
menunjukan keteladanan sebagai sosok yang kreatif (D.Deni koswra
halimah,73).Dengan penjelasan tersebut jelas bahwa guru harus aktif serta
kreatif untuk memotifasi siswa lebih gairah dalam belajar.
Seorang guru yang kreatif tidak
hanya dituntut memiliki keahlian yang bersifat akademis,namun lebih dari itu
yaitu dituntut dapat menguasai berbagai teknik yang dapat menstimulasi rasa keingintahuan serta menumbuhkan rasa percaya diri bagi
setiap siswa.. Dengan alasan tersebutlak penulis mencoba menciptakan prosese
pembelajaran yang kreatif yang tujuannya supaya siswa termotivasi dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IX lebih. menyenangkan serta siswa
Guru bukan
sekedar bercerita dengan anak murit saja tapi harus memiliki motivasi yang kuat
dalam pendidikan (menuntut ilmu)sehingga pendidikan bisa efektif. Memotivasi
anak adalah suatu kegiatan memberi
dorongan agar anak mau mengerjakan atau perilaku yang diharapkan guru atau
orang tua.(Abdul Majid; 152).
Anak yang kreatif serta mempunyai motivasi akan memungkinkan ia untuk
mengembangkan dirinya sendiri.contoh memotivasi anak yaitu dengan cara membuat senag hati anak, membantu agar
anak terpancing melaksanakan sesuatu.Dengan kelembutan, menyayangi dan
mencintainya.Sabda Rosul” Allah akan memberi rahmat kepada orang tua yang
membantu kepada anaknya untuk berbuat baik kepadanya.Yakni orang tua yang tidak
menyuruh anaknya berbuat sesuatuyang sekiranya anak itu tidak mampu mengerjakan”
Konsep pembelajaran yang kreatif yaitu pembelajaran yang
dikenal dengan istilah PAIKEM Yaitu Pembelajaran yang :
1.
AKTIF
Maksud
dari aktif adalah dalam pembelajaran guru harus menciptakan suasana yang
sedemikian rupa sehingga siswa aktifbertanya, mempertayakan serta mengemukakan gagasannya.
2.
INOVATIF
Maksud
inovatif adalah guru selalu memberikan informasi yang baru sehingga siswa tidak
akan tertinggal oleh perkembangan zaman.
3.
KREATIF
Maksud
kreatif adalah agar guru menciptakan kegiatan pembelajaran yang beragam
sehingga memenuhi berbagai tingkat kemampuan siswa.
4.
MENYENANGKAN.
Maksudnya dalam
pembelajarn tersebut siswa merasa senang serta nyaman tidak ada rasa was-was
atau takut dengan kehadiran guru.
Langkah –langkah yang dilakukan guru untuk meningkatkan
kreatifitas siswa diantaranya
v
Siswa dilibatkan dalam berbagai kegiatan yang
mengembangkan pemahaman serta kemampuan melalui perbuatan .
v
Guru menggunakan berbagai alat bantu untuk menumbuhkan
semangat.
v
Guru mengatur kelas lebih menarik
v
Guru menerapkan cara belajar yang lebih kooperatif dan
interaktif
v
Guru mendorong siswa untuk menemukan cara sendiri dalam
memecahkan suatu permasalahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar