Minggu, 03 Januari 2016

pembelajaran yang menyenangkan



ARTIKEL

PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN

Pendidikan formal yang dilakukan di sekolah-sekolah sampai sekarang tetap merupakan lembaga pendidikan utama yang merupakan pusat pengembangan sumber daya manusia dengan didukung oleh pendidikan dalam keluarga dan masyarakat.

Dalam hal ini pendidikan di sekolah merupakan alternatif yang paling utama untuk menciptakan manusia yang ber -IMTAk serta IMTEK. Pendidikan yang menjadi harapan kemajuan bangsa ini tak luput dari berbagai kendala serta permasalahan  yang berkaitan dengan proses belajar mengajar.
Dengan berjalannya waktu  terbukalah suatu jalan yaitu dengan media yang mudah di cari serta murah harganya yaitu  Koran atau surat kabar. Pembelajaran yang kreatif serta menyenangkan bagi siswa  tidak akan datang sendiri tanpa melakukan usaha. Terkait dengan peran  guru dalam membentuk kreatif siswa, Robert J Sternberg mengatakan “The mostpowerful way to develop creativity in your studens is to be a role model.Childen the develop creativity not when your showthem”Dalam melaksanakan pembelajaran guru harus dapat menunjukan keteladanan sebagai sosok yang kreatif (D.Deni koswra halimah,73).Dengan penjelasan tersebut jelas bahwa guru harus aktif serta kreatif untuk memotifasi siswa lebih gairah dalam belajar.
           Seorang guru yang kreatif tidak hanya dituntut memiliki keahlian yang bersifat akademis,namun lebih dari itu yaitu dituntut dapat menguasai berbagai teknik yang dapat menstimulasi  rasa keingintahuan  serta menumbuhkan rasa percaya diri bagi setiap siswa.. Dengan alasan tersebutlak penulis mencoba menciptakan prosese pembelajaran yang kreatif yang tujuannya supaya siswa termotivasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IX lebih.  menyenangkan serta siswa 
         Guru bukan sekedar bercerita dengan anak murit saja tapi harus memiliki motivasi yang kuat dalam pendidikan (menuntut ilmu)sehingga pendidikan bisa efektif. Memotivasi anak  adalah suatu kegiatan memberi dorongan agar anak mau mengerjakan atau perilaku yang diharapkan guru atau orang tua.(Abdul Majid; 152).
          Anak yang kreatif serta  mempunyai motivasi akan memungkinkan ia untuk mengembangkan dirinya sendiri.contoh memotivasi anak yaitu dengan  cara membuat senag hati anak, membantu agar anak terpancing melaksanakan sesuatu.Dengan kelembutan, menyayangi dan mencintainya.Sabda Rosul” Allah akan memberi rahmat kepada orang tua yang membantu kepada anaknya untuk berbuat baik kepadanya.Yakni orang tua yang tidak menyuruh anaknya berbuat sesuatuyang sekiranya anak itu tidak mampu mengerjakan”
Konsep pembelajaran yang kreatif yaitu pembelajaran yang dikenal dengan  istilah PAIKEM Yaitu  Pembelajaran yang :
1.      AKTIF
Maksud dari aktif adalah dalam pembelajaran guru harus menciptakan suasana yang sedemikian rupa sehingga siswa aktifbertanya, mempertayakan  serta mengemukakan gagasannya.
2.      INOVATIF
Maksud inovatif adalah guru selalu memberikan informasi yang baru sehingga siswa tidak akan tertinggal oleh perkembangan zaman.
3.      KREATIF
Maksud kreatif adalah agar guru menciptakan kegiatan pembelajaran yang beragam sehingga memenuhi berbagai tingkat kemampuan siswa.
4.      MENYENANGKAN.
    Maksudnya dalam pembelajarn tersebut siswa merasa senang serta nyaman tidak ada rasa was-was atau takut dengan kehadiran guru.
Langkah –langkah yang dilakukan guru untuk meningkatkan kreatifitas siswa diantaranya
v  Siswa dilibatkan dalam berbagai kegiatan yang mengembangkan pemahaman serta kemampuan melalui perbuatan .
v  Guru menggunakan berbagai alat bantu untuk menumbuhkan semangat.
v  Guru mengatur kelas lebih menarik
v  Guru menerapkan cara belajar yang lebih kooperatif dan interaktif
v  Guru mendorong siswa untuk menemukan cara sendiri dalam memecahkan suatu permasalahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar